Senin, 12 November 2012

bersama Rumah Zakat



Jl. Veteran No.9
Mujamuju - Umbulharjo
Yogyakarta
Telp. (0274)377671

SAVE OUR KIDNEY



Mari Peduli……….
Mari Berbagi……….
Mari Memberi………..
Dengan HATI………
Pernahkah terbersit oleh kita bila haus terasa mencekat tenggorokan, tapi kita tidak bisa minum dengan leluasa? Bukan karena sedang berpuasa, tetapi karena kita harus membatasi cairan yang masuk ke tubuh agar tidak berlebihan yang dapat mengakibatkan bengkak dan sesak nafas, yang bisa saja berujung pada kematian? Bila belum pernah, yuk coba baca bahasan singkat di bawah ini. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kita pandai bersyukur atas nikmat air yang bisa melewati tenggorokan tanpa harus dibatasi……

SEKILAS TENTANG PENYAKIT GINJAL:
Pasti banyak yang bertanya, apa sih penyakit ginjal itu? Penyakit ini memang tak sepopuler penyakit kanker atau jantung koroner, tapi penyakit ini sama ‘menyeramkan’nya…… Untuk mengetahui penyakit ginjal itu apa dan bagaimana, alangkah baiknya kalau kita mengetahui tentang ginjal lebih dulu. Ginjal adalah sepasang organ yang terletak di bawah rusuk, bersisian kanan-kiri dengan tulang belakang. Sebagai salah satu alat pengeluaran (ekresi), ginjal bekerja dan bertugas untuk membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia dalam bentuk urine (kencing). Secara sistematis ginjal akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari. Bila ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik, atau dalam dunia kedokteran disebut dengan gagal ginjal, maka sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh akan menjadi racun bagi tubuh itu sendiri.Racun tersebut selanjutnya akan menimbulkan keluhan bagi si penderita berupa mual, muntah-muntah, lemas, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran (koma). Cairan urine yang tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi bengkak-bengkak dan sesak nafas. Bila tidak diatasi dengan segera maka pasien gagal ginjal bisa menemui kematian.
Berdasarkan kejadiannya, gagal ginjal dapat digolongkan menjadi:
1.    GAGAL GINJAL AKUT  yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Gagal ginjal jenis ini jika dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat akan dapat disembuhkan. Penyakit gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut, seperti: penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak segera diatasi, kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat, keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik, maka gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.
2.    GAGAL GINJAL KRONIK  yang timbul secara perlahan dan menahun. Gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani pengobatan seumur hidup. Penyakit gagal ginjal kronik dapat terjadi karena ada penyakit lain sebagai penyebab, seperti: diabetes mellitus dan hipertensi yang menahun.

TANDA-TANDA DAN GEJALA:
Tanda-tanda dan gejala penyakit gagal ginjal akut, antara lain: nyeri pinggang yang amat sangat, bengkak mata, bengkak kaki, sakit saat kencing, demam, kencing sedikit, kencing merah karena ada darah, sering kencing. Ada kelainan dalam urine, antara lain: ada protein dalam urine, ada eritrosit, ada sel darah putih/lekosit dan bakteri.
Sedangkan tanda-tanda dan gejala gagal ginjal kronik, antara lain: mual, muntah, bengkak-bengkak, lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan berkurang, kencing berkurang (bahkan pada beberapa kasus pasien tidak bisa kencing sama sekali), gatal-gatal di sekujur tubuh, sesak nafas, wajah pucat karena anemia. Ada kelainan dalam urine, antara lain: ada protein, eritrosit dan lekosit. Sedangkan pada hasil lab biasanya menunjukkan creatinine darah naik, Hb turun dan protein dalam urine selalu positif (selalu ada protein dalam urine).

PENGOBATAN:
Pada intinya, tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Bila diketahui penyebab gagal ginjal adalah dampak dari penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan/ therapy untuk mengobati penyakit penyebab tersebut. Misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, diabetes, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.
Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah (dialysis). Pada gagal ginjal kronik, pengobatan harus dilakukan dengan cuci darah seumur hidup. Selama cuci darah, mesin ginjal tiruan berfungsi untuk menyaring darah dan membuang zat-zat toksin dari tubuh. Alternatif lain dari pengobatan gagal ginjal kronik adalah transplantasi/cangkok ginjal.

PENCEGAHAN:
Penyakit ini dapat dicegah dengan cara mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan secara seksama. Bila terdapat batu ginjal harus segera dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal, maka harus diobati dengan tepat. Sebaiknya tidak menggunakan obat sembarangan dengan dosis yang tidak terkonrol karena banyak sekali obat yang beredar yang diketahui dapat merusak gunjal, termasuk obat anti sakit dan obat rematik, serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung.
Lakukan gaya hidup sehat, makan makanan dengan gizi seimbang, tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengurangi asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktifitas fisik, banyak mengkonsumsi air putih, dan hindari rokok.

Dari uraian tadi, kita jadi sadar bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Sebelum mengakhiri selebaran ini, mari kita renungkan bahwa ternyata banyak dari pasien penyakit gagal ginjal yang harus terseok-seok secara finansial karena mahalnya biaya pengobatan. Biaya untuk sekali cuci darah bisa berkisar antara Rp 600.000 hingga 1 juta, padahal bisa saja cuci darah dilakukan seminggu 2 – 3 kali. Belum lagi obat-obatan yang harus dikonsumsi, tak jarang menelan biaya hingga jutaan rupiah. Mari gerakkan hati dan ulurkan tangan kita untuk membantu saudara-saudara kita yang memang membutuhkan. Salurkan bantuan anda ke Rumah Zakat. Insya Allah bantuan kita akan meringankan kesulitan saudara-saudara kita dan pasti bermanfaat untuk mereka.

***bahan: dari berbagai sumber

RUMAH ZAKAT siap menyalurkan bantuan anda melalui rekening donasi:
BANK MANDIRI    132000 481 974 5
An. Yayasan Rumah Zakat Indonesia
BANK MUAMALAT    101 00361 15
An. Yayasan Rumah Zakat Indonesia
(setelah berdonasi mohon melakukan konfirmasi ke
SMS Centre: 0815 7300 1555)

TERIMAKASIH ATAS ULURAN TANGAN ANDA

Kerajaan Al Khonsa juga menyampaikan kerja sama dengan Rumah Zakat untuk membantu orang-orang yang dianugerahi sakit sebagai jalan mendekatkan hati dengan Pemilik Hati. Jika kita bisa berpegang tangan untuk saling membantu, badai gemuruh akan mudah dan ringan dilalui. Membantu orang lain adalah bentuk rasa syukur kita pada Penguasa Hidup dan bentuk kita benar-benar manusia. Tanpa menolong orang lain, bagaimana Allah akan menolong kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar