Jumat, 08 Februari 2013

sebuah pengertian


Saling mengerti dalam bergerak dan berinteraksi adalah bagian penting untuk komunikasi dalam keseharian. Sering kali kita lebih mudah menasehati orang lain, namun lupa menasehati keluarga sendiri atau bahkan menasehati diri kita sendiri. Pengertian menjadi jembatan perbedaan, sekalipun berdarah dan berlinang air mata. Bila kita bisa duduk berdialog untuk sebuah pengertian, semua akan mudah teman.
Arogansi kita yang memaksa orang lain harus sesuai standart ukuran kita. mengubah orang lain dan lupa berkaca pada diri yang banyak melukai. Perbedaan kita diciptakan untuk mewarnai pelangi kehidupan. Agar irama kehidupan tidak hanya satu nada. Entah mengapa masih banyak tawa mengejek dan senyum merendahkan menjadi penghambat kreatifitas.
Cukup kita saja yang menjadi produk gagal pendidikan yang menyakiti seluruh sendi kehidupan. Tugas kita sekarang menerangi gelapnya masa lalu dengan pendidikan yang lebih asertif. Menghargai orang lain bukan untuk merendahkan diri, tapi lebih bagaimana menghargai kita di tengah orang-orang yang belum tentu nyaman dengan kehadiran kita.
Orang yang mengindahkan kehidupan adalah orang yang menjaga lidah dan tangannya dari menyakiti orang lain.
Teman, mari kita bicara di dalam hati. Apa yang kita lakukan ini benar karena ingin kebaikan orang lain atau hanya sebuah emosi sesaat yang bersembunyi di balik kata “treatment”. Ingat, bukan kita yang memberi petunjuk, kita hanya bertugas mengingatkan. Untuk hasilnya, percayakan pada semesta yang membantu.

Tulisan ini untuk hati yang kini menghadapi peperangan besar dalam kerumitan saat bersama orang yang sulit memahami keadaan orang lain semua berbeda. Sebuah pengertian untuk kerja besar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar